Pages - Menu

Selasa, 30 September 2014

MAZDA HISTORY




MAZDA HISTORY
Mazda Motor Corporation (マツダ株式会社 Matsuda Kabushiki-gaisha) (TYO: 7261) merupakan perusahaan otomotif Jepang. Perusahaan ini didirikan tahun 1920 dan bermarkas di Fuchu, Distrik Aki, Hiroshima, Jepang. Perusahaan ini mempekerjakan 39.364 pekerjanya pada 31 Maret 2008. Pada tahun 2007, Mazda memproduksi 1,3 juta mobil untuk seluruh dunia. Sebagian besar dari produksi tersebut (hampir 1 juta) diproduksi di pabriknya di Jepang, dengan sisanya di pabriknya yang lain di seluruh dunia.

Pada tahun 1979 Mazda mulai beraliansi dengan Ford Motor Company.


Awalnya didirikan pada Januari 1920, Mazda mulai alat manufaktur pada tahun 1929 dan segera bercabang ke produksi truk untuk penggunaan komersial. Pada awal 1960-an, Mazda meluncurkan model mobil penumpang pertama dan mulai mengembangkan mesin rotary. Masih bermarkas di Hiroshima di Jepang barat, jajaran hari ini Mazda Motor Corporation sebagai salah satu pembuat mobil terkemuka Jepang.

Mazda telah mengekspor mobil ke Amerika Serikat dan Eropa selama lebih dari 40 tahun. Overseas penjualan account selama lebih dari dua pertiga dari total omset. Mazda memiliki dua tempat produksi utama di Jepang dan 14 fasilitas di luar negeri. pabrik Mazda di Hiroshima adalah salah satu tanaman tunggal terbesar mobil-situs di dunia, dengan kapasitas produksi tahunan sekitar 480.000 unit. Pabrik terletak di Hofu memiliki kapasitas hampir 410.000 unit. situs luar negeri termasuk usaha patungan yang berbasis di Amerika Serikat, dan di Thailand dengan Ford Motor Company, Mazda pemegang saham terbesar.

Mazda memiliki sejarah gemilang inovasi teknik, dilambangkan dengan mesin rotary. Meskipun berbagai perusahaan terkemuka berusaha mengadaptasi konsep, hanya Mazda bertahan dan berhasil menciptakan sebuah mesin mobil sport komersial. Saat ini, Mazda adalah satu-satunya produsen di dunia yang membuat bensin, diesel dan putar mesin pembakaran internal. Inkarnasi terbaru dari kekuatan mesin rotary Mazda RX-8, sebuah mobil yang benar-benar mewujudkan Mazda DNA. Mazda raison d'etre adalah membuat mobil yang fun to drive-mobil yang antusias tetapi juga terjangkau. Pesan merek "Zoom-Zoom" bertujuan untuk menangkap perasaan ini, mengekspresikan semangat yang penuh gairah dalam kenikmatan berkendara yang mendorong maju.



SEJARAH SINGKAT MAZDA DARI 1920 - 1970
Perusahaan mobil klasik dan Sport MAZDA ini dimulai sekitar tahun 1920 bertempat di Hiroshima, Jepang. Nama perusahaan ini Toyo Cork Kogyo Co, Ltd dan Jujiro Matsuda sebagai Presiden pertama perusahaan ini (sekitar Maret 1921).

Awalnya merupakan perusahaan onderdil dengan merk “TOYO”. Kemudian pada September 1930 mulai dibangun pabriknya untuk pertama kali di kota Aki-ghun, Fuchu-cho di kawasan sekitar Hiroshima.

Dan setahun kemudian tepatnya pada Oktober 1931 memulai pembuatan perdananya yaitu sebuah motor angkut dengan keranjang roda tiga.Setelah sukses dengan produk perdananya setahun kemudian (1932) memulai ekspor motor tiga rodanya ini ke China.


Motor dengan keranjang ini sangat terkenal dan tangguh sehingga menjadi kendaraan sehari-hari masyarakat Jepang. Hingga tahun 1936 motor tiga roda ini merajai pasaran di Jepang sampai sekitar Agustus 1945 pada waktu bom Hiroshima meledak ( Perang Dunia II) Perusahaan ini sementara tidak beroperasi karena kerusakan yang sangat parah akibat bom atom yang diluncurkan sekutu ada waktu itu. Baru kemudian setelah empat tahun vakum, pada Agustus 1949 Perusahaan ini memproduksi lagi motor dengan tiga rodanya yang kemudian diekspor ke India. Pada bulan Desember 1951 Jujiro Matsuda digantikan oleh Tsuneji Matsuda sebagai presiden Toyo Kogyo Co. Perusahaan ini mulai memperkenalkan produk 4 rodanya sekitar tahun 1958 dengan nama Romper yang juga merupakan kendaraan angkut. Hingga tahun 1960 mulai memproduksi Sedan sport 2 pintu R 360 yang sangat klasik.


Mobil ini sangat irit karena kapasitas mesinnya hanya 356 cc sehingga konsumsi bahan bakar pada waktu itu 1 liter bisa untuk 35 km.


Setahun kemudian yaitu sekitar 1961 Perusahaan ini belajar lagi tentang engine rotary di Perusahaan Rotary Engine NSU/Wankel yang sudah terkenal di Jerman Barat waktu itu. Dan kemudian memperkenalkan seri B1500 pick up, CArol 600 mobil penumpang pertama dengan 4 pintu. Perusahaan juga membangun perakitan di Korea selatan dan Afrika Selatan ( 1962-1963) dan memproduksi lebih dari 1 juta unit.Tahun 1963 mulai memperkenalkan Family van generasi pertama seri 800 dan 1000. Tahun 1964 mulai memperkenalkan E 2000 yang sangat terkenal. Setahun kemudia mulai mempelajari mesin diesel bekerja sama dengan Perusahaan dari Inggris Perkins Services N.V. Dan memproduksi Mazda Proceed, Mazda Bongo dan Mazda Luce. Untuk pasaran Eropa dan Australia diperkenalkan sekitar tahun 1966-1967 dan mendapatkan respon yang baik untuk masyarakat sana.


Ditahun yang sama juga mulai membuat Mazda Cosmo sport 110’s mobil pertama dengan Engine Rotary yang merupakan cikal bakal mobil sport buatan Mazda.


Mobil ini juga di ekspor ke Canada dikarenakan banyak peminatnya disana.