MAZDA HISTORY
Mazda Motor Corporation (マツダ株式会社 Matsuda Kabushiki-gaisha ) (TYO: 7261) merupakan perusahaan otomotif Jepang. Perusahaan ini didirikan tahun 1920 dan bermarkas di Fuchu, Distrik Aki, Hiroshima, Jepang. Perusahaan ini mempekerjakan 39.364 pekerjanya pada 31 Maret 2008.
Pada tahun 2007, Mazda memproduksi 1,3 juta mobil untuk seluruh dunia.
Sebagian besar dari produksi tersebut (hampir 1 juta) diproduksi di
pabriknya di Jepang, dengan sisanya di pabriknya yang lain di seluruh
dunia.
Pada tahun 1979 Mazda mulai beraliansi dengan Ford Motor Company.
Awalnya didirikan pada Januari 1920, Mazda mulai alat manufaktur pada
tahun 1929 dan segera bercabang ke produksi truk untuk penggunaan
komersial. Pada awal 1960-an, Mazda meluncurkan model mobil penumpang
pertama dan mulai mengembangkan mesin rotary. Masih bermarkas di
Hiroshima di Jepang barat, jajaran hari ini Mazda Motor Corporation
sebagai salah satu pembuat mobil terkemuka Jepang.
Mazda telah mengekspor mobil ke Amerika Serikat dan Eropa selama
lebih dari 40 tahun. Overseas penjualan account selama lebih dari dua
pertiga dari total omset. Mazda memiliki dua tempat produksi utama di
Jepang dan 14 fasilitas di luar negeri. pabrik Mazda di Hiroshima adalah
salah satu tanaman tunggal terbesar mobil-situs di dunia, dengan
kapasitas produksi tahunan sekitar 480.000 unit. Pabrik terletak di Hofu
memiliki kapasitas hampir 410.000 unit. situs luar negeri termasuk
usaha patungan yang berbasis di Amerika Serikat, dan di Thailand dengan
Ford Motor Company, Mazda pemegang saham terbesar.
Mazda memiliki sejarah gemilang inovasi teknik, dilambangkan dengan
mesin rotary. Meskipun berbagai perusahaan terkemuka berusaha
mengadaptasi konsep, hanya Mazda bertahan dan berhasil menciptakan
sebuah mesin mobil sport komersial. Saat ini, Mazda adalah satu-satunya
produsen di dunia yang membuat bensin, diesel dan putar mesin pembakaran
internal. Inkarnasi terbaru dari kekuatan mesin rotary Mazda RX-8,
sebuah mobil yang benar-benar mewujudkan Mazda DNA. Mazda raison d'etre
adalah membuat mobil yang fun to drive-mobil yang antusias tetapi juga
terjangkau. Pesan merek "Zoom-Zoom" bertujuan untuk menangkap perasaan
ini, mengekspresikan semangat yang penuh gairah dalam kenikmatan
berkendara yang mendorong maju.
SEJARAH SINGKAT MAZDA DARI 1920 - 1970
Perusahaan mobil klasik dan Sport MAZDA ini dimulai sekitar tahun 1920 bertempat di Hiroshima, Jepang. Nama perusahaan ini Toyo Cork Kogyo Co, Ltd dan Jujiro Matsuda sebagai Presiden pertama perusahaan ini (sekitar Maret 1921).
Awalnya merupakan
perusahaan onderdil dengan merk “TOYO”. Kemudian pada September 1930
mulai dibangun pabriknya untuk pertama kali di kota Aki-ghun, Fuchu-cho
di kawasan sekitar Hiroshima.
Dan setahun kemudian tepatnya pada Oktober 1931 memulai pembuatan perdananya yaitu sebuah motor
angkut dengan keranjang roda tiga.Setelah sukses dengan produk
perdananya setahun kemudian (1932) memulai ekspor motor tiga rodanya ini
ke China.
Motor dengan keranjang ini sangat terkenal dan tangguh sehingga
menjadi kendaraan sehari-hari masyarakat Jepang. Hingga tahun 1936
motor tiga roda ini merajai pasaran di Jepang sampai sekitar Agustus
1945 pada waktu bom Hiroshima meledak ( Perang Dunia II) Perusahaan ini
sementara tidak beroperasi karena kerusakan yang sangat parah akibat bom
atom yang diluncurkan sekutu ada waktu itu. Baru kemudian setelah empat
tahun vakum, pada Agustus 1949 Perusahaan ini memproduksi lagi motor
dengan tiga rodanya yang kemudian diekspor ke India. Pada bulan Desember
1951 Jujiro Matsuda digantikan oleh Tsuneji Matsuda sebagai presiden
Toyo Kogyo Co. Perusahaan ini mulai memperkenalkan produk 4 rodanya
sekitar tahun 1958 dengan nama Romper yang juga merupakan kendaraan
angkut. Hingga tahun 1960 mulai memproduksi Sedan sport 2 pintu R 360
yang sangat klasik.
Mobil ini sangat irit karena kapasitas mesinnya hanya 356 cc sehingga konsumsi bahan bakar pada waktu itu 1 liter bisa untuk 35 km.
Setahun kemudian yaitu sekitar 1961 Perusahaan ini belajar lagi
tentang engine rotary di Perusahaan Rotary Engine NSU/Wankel yang sudah
terkenal di Jerman Barat waktu itu. Dan kemudian memperkenalkan seri
B1500 pick up, CArol 600 mobil penumpang pertama dengan 4 pintu.
Perusahaan juga membangun perakitan di Korea selatan dan Afrika Selatan (
1962-1963) dan memproduksi lebih dari 1 juta unit.Tahun 1963 mulai
memperkenalkan Family van generasi pertama seri 800 dan 1000. Tahun 1964
mulai memperkenalkan E 2000 yang sangat terkenal. Setahun kemudia mulai
mempelajari mesin diesel bekerja sama dengan Perusahaan dari Inggris
Perkins Services N.V. Dan memproduksi Mazda Proceed, Mazda Bongo dan
Mazda Luce. Untuk pasaran Eropa dan Australia diperkenalkan sekitar
tahun 1966-1967 dan mendapatkan respon yang baik untuk masyarakat sana.
Ditahun yang sama juga mulai membuat Mazda Cosmo sport 110’s mobil pertama dengan Engine Rotary yang merupakan cikal bakal mobil sport buatan Mazda.
Mobil ini juga di ekspor ke Canada dikarenakan banyak peminatnya disana.